Kamis, 31 Maret 2016

Tips Pemakaian Motor Baru

Artikel ini dibuat sambil nunggu air buat mandi. Debitnya kecil banget...... huuuuu kasian.....

Masa inreyen atau yang dikenal dengan masa break in adalah masa penyesuaian komponen mesin, termasuk di dalamnya masa penyesuaian sang pengendara.

jangan gini ga boleh motor baru ya!!!!
Proses  adaptasi tersebut merupakan proses adaptasi mesin terhadap jalan yang akan dilalui dan penyesuaian pengendara dengan motor barunya.
Bermacam hal yang dimaksud dalam penyesuaian ini:

Pertama dari berbagai sumber menyatakan bahwa proses panjang pembuatan mesin ternyata menghasilkan residu yang harus dibersihkan pada saat masa inreyen. Jadi masa inreyen adalah masa yang sangat penting bagi motor baru.

Secara singkat begini deh, ini sudah dirangkum dari berbagai sumber looooo. Jadi pada masa inreyen hal yang penting dilakukan adalah : jangan perlakukan mesin motor secara ekstrim pada 500 km pertama, contohnya :
a.    Jangan menggeber gas terlalu kuat/penuh saat start, karena akan mengakibatkan kerusakan pada mesin;
b.    Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi, hal ini akan mengakibatkan aus pada mesin, dan berbahaya bagi pengendara;
apalagi gini ga boleh ya!!!!
c.    Jangan melakukan pengereman mendadak, karena akan merusak sistem pengereman dan pola rem antara plat rem dan roda;
d.    Segera ganti oli sesuai buku petunjuk yang ada

Nah tambahan untuk pengguna motor matic baru. Cie...cie.... matic baru....... hmmm ntar banyak yang lirik ya. Ya udah gpp. Dasarnya udah banyak yang lirik kan. Begini untuk motor matic baru perlakuannya adalah :
a.    Hindari beban berlebihan, kalau di berbagai sumber menyebutkan maksimal 150 kg. Jadi masih aman kalau boncengan manusia, jangan kerbau ya.....
b.    Hidupkan mesin dengan kick starter terutama pada pagi hari
c.    Perhatikan variasi gas, nah ini ada tips sebenarnya saya juga pusing ketika baca tips ini, begini :
1.    0 – 150 km à diperhatikan putaran gas tidak melebihi 1/3 dari putaran gas penuh, dan jika sudah berjalan 1 jam istirahatkan 10 menit
2.    150 – 500 km à putaran gas ½ dari putaran gas penuuh
3.    500 – 1000 km à putaran gas ¾ dari putaran gas penuh
4.    Lebih dari 1000 km à gunakan secara normal
           
Yang membingungkan bagaimana nih tau putaran gasnya 1/3, 1/2., ¾ atau penuh.... ya udah ga usah dipikirkan yang penting berkendara dengan hati-hati. Dan varisasi gasnya ga terlalu mencolok. Artinya ngebut trus mendadak pelan-pelan. Ngebut dikit cekrek.... ngebut banyak cekre..... hahahahaha jadi iklan.


Nah jadi sekian dulu ya .... hati-hati jangan ngebut, jangan meleng, jangan banyak tebar pesona okehhhhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar